Daun seledri salah satu jenis sayuran pelengkap masakan. Daun seledri bisa dinikmati keadaan segar atau dimasak juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

10 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan
10 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Daun seledri sayuran tinggi serat juga rendah kalori dan mengandung banyak vitamin juga mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang ada pada daun seledri antara lain, vitamin B kompleks, vitamin C, dan K. Mineral yang ada dalam daun seledri magnesium, mangan, kalium juga kalsium. Daun seledri
juga mengandung fitonutrien antioksidan baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat daun seledri untuk kesehatan:

1.Menurunkan kadar kolesterol

Mengandung senyawa 3nbutylphthalide yang mampu menurunkan kadar lemak darah. Selain itu juga bisa digunakan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

2.Mengurangi nyeri sendi

Anti-inflamasi pada daun seledri dapat meringakan radang sendi, asam urat juga rematik. Selain daun, batang dari seledri tersebut juga bisa untuk meredakan asam urat sebagai obat diuretik.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun seledri dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular juga menurunkan tekanan darah. Daun seledri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tekanan darah tinggi dan kolesterol penyebab penyakit kardiovaskular sehingga daun seledri dapat bermanfaat terjadinya serangan kedua penyakit tersebut.

4. Meringankan menstruasi

Biji seledri dpat meringankan ketidaknyamanan saat mentruasi. Rebus biji seledri bersama daun adas juga kunyit sehingga manfaat tersebut dapat dirasakan.

5. Mencegah gigitan nyamuk

Daun seledri dapat bermanfaat mencegah gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk pasti membuat ketidaknyamanan walaupun tidak semua gigitan nyamuk tersebut berbahaya, ekstrak daun seledri dapat mengusir nyamuk tersebut selama kurang lebih 5 jam, dan banyak dijumpai beberapa produk yang menggunakan kandungan dari seledri tersebut.

6. Meningkatkan sistem pencernaan

Seledri tinggi serat juga antioksidan dan dapat meningkatkan sistem pencernaan juga menangkal radikal bebas. Meningkatkan sistem sirkulasi darah, meredakan kembung juga melindungi saluran pencernaan.

7. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan infeksi pada organ ginjal sampai uretera. Daun seledri dapat menjadi obat diuretik mencegah pengaruh infeksi saluran kemih. Daun seledri membantu merangsang produksi urin. Agar tidak terjadi infeksi dapat mengonsumsi seledri bersama dengan cairan yang cukup.

8. Membantu menurunkan berat badan

Seledri kaya nutrisi, serat, namun rendah kalori. Daun seledri dapat masuk dalam menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi seledri juga mengatur
pola makan dan olahraga maka tentunya berata badan dapat menjadi ideal.

9. Sumber antioksidan

Seledri mengandung vitamin C, flavonoid, betakaroten juga antioksidan yang dibutuhkan tubuh dan mampu menangkal serangan radikal bebas yang
menjadi sumber penyakit berbahaya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi daun seledri dapat bermanfaat menjalankan fungsi tubuh dengan baik dan menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya.

10. Sebagai anti kanker

Daun seledri dapat digunakan sebagai anti kanker. Bekerja sebagai antioksidan tubuh juga menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegah penyakit kanker.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *