5 Manfaat Daun Pandan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Daun yang populer dengan aromanya yang enak ketika dinikmati masyarakat ketika mengonsumsinya, memiliki berbagai macam olahan juga dapat dijadikan minuman yang khas.

5 Manfaat Daun Pandan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Pandan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Daun pandan merupakan daun yang banyak digemari masyarakat tersebut  selain aroma yang enak juga memiliki bebagai manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan tersebut :

1.Mengatasi gigitan nyamuk dan serangga

Daun pandan dapat dihaluskan dengan menumbuknya kemudian dioleskan pada area yang terkena gigitan nyamuk atau serangga tersebut, lalu biarkan kering dan bersihkan bekasnya menggunakan air bersih. Lakukan perawatan secara rutin, maka rasa gatal atau infeeksi tersebut akan dapat berkurang. Selain itu pandan dapat ditaruh pada halaman atau ditanam pada pot sehingga nyamuk juga serangga tersebut dapat terusir.

2. Mengatasi infeksi kulit

Tumbuk halus daun pandan kemudian tambahkan sedikit garam dan larutkan pada air hangat secukupnya dan saring air tersebut lalu diminum 3 sampai 5 kali sehari satu gelas, maka gangguan masalah kulit sperti infeksi yang disebabkan jamur dapat diobati secara alami.

3. Meningkatkan nafsu makan

Daun pandan dapat dicampurkan ke dalam minuman teh atau juga pada makanan. Dengan mencampurkan daun pandan kedalam minuman juga makanan tersebut maka nafsu makan dapat ditambah. Selain itu daun pandan juga dapat menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Daun pandan baik dikonsumsi secara rutin untuk menambah nafsu makan.

4. Mengurangi stres

Aroma pada daun pandan dapat dijadikan aroma terapi yang dapat mengurangi stres saat lelah akibat aktivitas yang berlebih. Aroma khas daun pandan sangat ampuh untuk mengatasi gangguan stres tersebut juga dapat menghindari depresi yang berlanjut dan dapat mengganggu kesehatan tubuh tersebut.

5. Mengatasi insomnia

Mengandung alkaloid yang dapat mengatasi maslah insomnia. Daun pandan dapat diolah menjadi jus kemudian minum air pandan tersebut secara rutin, maka masalah insomnia tersebut dapat diatasi dengan baik juga alami. Daun pandan yang alami tersebut tidak akan menimbulkan efek samaping ketika rutin mengonsumsinya, maka dari itu daun pandan dapat dijadikan alternatif untuk mengobati insomnia agar tidak berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *