Jamur merupakan makanan yang sudah lama digunakan sebagai bahan makanan juga dapat digunakan menjadi obat tradisional.

5 Manfaat jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh
5 Manfaat jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak jenis jamur di dunia ini ada yang dapat digunakan sebagai makanan dan ada juga jamur yang mengandung racun dan tidak dapat untuk dikonsumsi layaknya makanan untuk manusia. jamur dapat tumbuh liar dialam terbuka juga dapat dibudidayakan dengan baik bersama masyarakat. Salah satu jamur yang sekarang banyak dibudidayakan yaitu jamur tiram yang memiliki warna putih dan menyerupai bentuk dari cangkang tiram. Jamur memiliki banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Mengandung serat, protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, Vitamin A, C, B, dan memiliki antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Jamur tiram sangat nikmat untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat jamur tiram yang dapat diketahui manfaatnya :

1.Menjaga sistem pencernaan

Serat yang ada pada jamur baik untuk menjaga kesehatan pencernaan juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan sembelit. Jamur tiram dapat dikonsumsi secara rutin agar sistem pencernaan terjaga dengan baik kesehataannya dan terhindar dari masalah konstipasi yaitu sembelit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan juga kandungan nutrisi yang ada pada jamur tiram dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik. Konsumsi jamur tiram dengan rutin dapat membantu membantu menjaga kesehatan juga dapat menangkal serangan radikal bebas.

3. Menurunkan kolesterol

Jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular yaitu jantung dan stroke. Konsumsi jamur tiram dengan rutin dapat membantu menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan baik.

4. Mencegah hipertensi

Vitamin C, kalium juga serat yang ada pada jamur tiram dapat membantu mencegah hipertensi atau penyakit darah tinggi dan membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi normal dan baik.

5. Mengurangi resiko terkena kanker

Jamur tiram mengandung antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Konsumsi jamur tiram dengan rutin dapat membantu mengurangi dampak terkena penyakit kanker dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari radikal bebas.

Kiriman serupa