Sayur kol mengandung banyak gizi yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Untuk konsumsi sayur kol sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung.

Ragam Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan Tubuh
Ragam Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi yang ada pada sayur kol antara lain seperti vitamin K, serat,  mangan, folat, vitamin C, vitamin B6, potasium, zat besi, vitamin A juga magnesium. Beragam kandungan gizi yang ada pada sayur kol dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sayur kol dapat diolah menjadi beragam makanan dan cukup mudah untuk mendapatkannya. Berikut ini beberapa ragam manfaat sayur kol bagi kesehatan yang dapat diketahui manfaatnya:

1.Mengontrol tekanan darah

Kol mengandung antosianin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. kandungan antosianin yang ada pada kol dapat membuat arteri lebih lentur dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu kol juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan antosianin, vitamin K juga yodium yang ada pada kol dapat mempengaruhi sistem kerja saraf juga dapat membantu menjaga konsentrasi dan menambah daya ingat pada otak. Selain itu kol dapat mencegah terjadinya penyakit otak seperti Alzheimer, pakinson juga dmensia yang sangat berbahaya jika sampai terserang penyakit itu.

3. Mencegah penyakit kanker

Kol mengandung glukosinat yang sangat tinggi. Kandungan glukosinat yang ada pada kol mempunyai sifat antikarsinogrenik yang dapat  menghancurkan radikal bebas pada tubuh. dengan konsumsi kol baik untuk mencegah kanker prosta, kanker payudara, kanker usus dan dapat mencegah tumor ganas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker tersebut.

4. Mencegah terjadinya katarak

Mnegandung betakaroten juga vitamin A yang ada pada kol dapat  membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu konsumsi kol dapat membantu mencegah terjadinya katarak.

5. Merawat kulit dan wajah

Kol mengandung antioksidan, antosianin, juga sulfur yang baik untuk merawat kulit dan wajah. Kandungan senyawa yang ada pada kol dapat mengatasi flek juga kerutan yang terjadi pada kulit. Kol juga baik untuk mencegah terjadinya jerawat dan dapat membantu mengatasi masalah jerawat tersebut. Sayur kol memiliki sifat antibakteri yang cukup baik.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *