Banyak orang yang sering mengalami perubahan dalam suasana hati mereka dan terjadinya perubahan energi dari tinggi hingga rendah disebut bipolar. Bedasarkan data yang dikumpulkan oleh WHO, pada tahun 2016 ada 60 juta orang yang mengalami bipolar.

Apa itu bipolar disorder atau yang sering disebut gangguan bipolar?

Itu merupakan suatu kondisi dimana mental anda yang menyebabkan terjadinya perubahan pada mood anda yang sangat ekstrim. Hal ini dapat membuat orang yang dengan adanya gangguan bipolar terkadang sangatlah bahagia ataupun bisa menjadi sangat sedih.

Orang orang yang terkena bipolar saat merasa sedih, maka ia akan sangat merasa tertekan dan seperti kehilangan harapan. Tetapi saat orang tersebut dalam keadaan merasa senang maka orang tersebut akan sangat penuh gairah dan bersemangat.

Tanda & Gejala Gangguan Bipolar

Umunya penderita bipolar dapat mengalami perasaan emosional yang dahsyat dan dapat terjadi di suatu periode tententu. Itu dikenal sebagai episode mood. Dalam episode mood orang dapat menunjukkan perubahan mood yang sangat drastis dari normalnya. Ada 1 episode dimana orang tersebut akan terlihat sangat bahagia dan semangat. dan ada juga episode dimana penderita akan mengalami keadaan kesedihan yang sangat ekstrim. Terkadang ada Juga seorang yang memiliki episode mood yang menunjukkan 2 gejala yaitu depresi dan maniac.

Itu disebut sebagai episode campuran dimana si penderita akan sangat mudah tersinggung akan suatu hal kecil dan dapat marah marah.

Penyebab Gangguan Bipolar

Hingga sampai saat ini, belum ada bukti pasti yang menjelaskan secara jelas penyebab dari gangguan bipolar. Tetapi ada beberapa faktor yang diketahui dapat memunculkan gangguan bipolar pada seseorang yaitu :

  • Kondisi Otak. Dimana otak dapat melewati banyak perubahan dalam fisik yang dapat memengaruhi bahan kimia otak (neurotransmitter) yang ada di otak bagian dalam. Transmitter sendiri merupakan zat yang dapat memengaruhi mood anda.
  • Keturunan Genetik. Jika orang tua anda ada mengalami gangguan bipolar, besar kemungkinan itu dapat menurun ke anaknya.
  • Lingkungan. Menuru para ahli peneliti Bipolar menemukan bahwa ada kemungkinan dari kehidupan sosial anda dapat membuat anda terkena gangguan bipolar. Contohnya seperti trauma yang mendalam pada masa kecil, mengalami kehilangan sesuatu, dan tidak mempunyai kepercayaan diri.

Itulah fakta fakta seputar gangguan bipolar yang masih banyak orang tidak mengetahuinya. Jika anda merasa seperti yang dikatakan di atas, segeralah cari dokter untuk melakukan terapi.

Kiriman serupa