Kopi merupakan salah satu minuman favorit orang di dunia terutama di Indonesia. Penikmat kopi sendiri tidak melihat usia mulai dari yang tua hingga yang masih muda juga menyukai kopi.

Jaman sekarang anda bisa menjumpai hampir si setiap sudut kota ada coffee shop. Hal itu dikarenakan banyaknya peminat kopi ini. Sekarang ini juga sudah muncul banyak biji biji kopi terkenal seperi Robusta, arabika, luwak, dan liberika.

Untuk cara pembuatan Espresso pun ada caranya tersendiri agar menghasilkan Espresso yang nikmat. Bisa dengan mesin tetapi bisa juga manual. Walau menggunakan mesin itu tidak mudah juga karena dalam menciptakan cita rasa Espresso yang memiliki hasil yang sempurta semua ada caranya tersendiri.

Berikut akan kami bagian sedikit cara untuk menggunakan mesin :

1. Air

Disini air sangatlah berpengaruh, jika anda menggunakan air yang baik maka Espresso yang dihasilkan pun akan lebih nikmat. Air yang dipakai dalam mesin pun jangan sampai kehabisan karena dapat memengaruhi espressonya.

2. Gilingan Mesin Espresso

Sebelum anda memproses pembuatan Espresso anda harus menggiling biji kopi dengan mesin penggilingan biji atau disebut sebagai grinder. Menggiling kopi agar mendapat bubuk kopi yang halus.

3. Takaran

Setelah anda menghaluskan biji kopi, anda dapat menimbangnya dengan takaran biasanya takarannya ialah 17 – 20 gram bubuk kopi.

4. Tamping

Tamping merupakan proses memadatkan bubuk kopi halus dengan menggunakan alat bernama tamper. Tamper sendiri berfungsi sebagai membatasi jalur air yang masuk ke dalam bubuk kopi itu.

5. Hasil Akhir

Terkadang pada hasil akhir espresso itu dapat menjadi tidak sempurna. Dan batas waktu yang anda miliki untuk membuatnya sempurna ialah sekitaran 21 – 29 detik. Jika dibawah detik ke 21 maka hasilnya dapat dinyatakan tidak jadi, bahkan jika melewati 29 detik pun akan dinyatakan tidak sempurnya. Cukup rumit bukan?

Gimana setelah anda tahu sedikit cara memproses espresso? tidak terlalu mudah bukan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Anda harus terus berlatih membuatnya dengan begitu pun anda akan mahir dan Espresso buatan anda juga pasti akan semakin nikmat.

Kiriman serupa