Khasiat Daun Kale Bagi Kesehatan

Kale termasuk salah satu jenis sayuran dengan bagian daun berwarna hijau yang masih tergolong ke dalam keluarga kubis, seperti kembang kol, sawi dan juga brokoli. Selain itu, ia juga memiliki sejumlah kandungan mineral serta vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dalam segelas kale mentah mengandung,
♦ Serat sebanyak 2,5 gram
Berperan dalam melancarkan proses pencernaan
♦ Vitamin K, vitamin C, vitamin B, vitamin A dan asam folat
Berperan penting dalam meningkatkan perkembangan otak.
♦ Lemak omega-3 dan asam alpha-linolenic
Berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantung
♦ Protein sebanyak 3 gram
♦ Fosfor, lutein, kalium, zeaxanthin, seng dan juga kalsium

Untuk kale sendiri terdiri dari berbagai jenis, seperti kale berdaun datar, kale berwarna hijau kebiruan serta kale berdaun keriting yang mana semua jenis kale tersebut memiliki rasa yang berbeda – beda.

Berikut beberapa manfaat kale untuk kesehatan, diantaranya

• Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin K cukup banyak pada kale dipercaya dapat membantu memenuhi sekitar 650 persen kebutuhan vitamin K harian anda. Ketika pare tersebut diolah dengan cara direbus, tanpa ditambahkan garam, maka kandungan vitamin K tersebut dapat meningkat hingga mencapai 1350 persen.

Terlebih, hal tersebut juga telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 4000 pasien dewasa yang mengungkapkan, bahwa telah terjadi penurunan risiko kematian terhadap para pasien penyakit jantung yang diberi ekstrak suplemen vitamin K.

Akan tetapi, ketika anda ada mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengenai seberapa banyak vitamin K yang diperlukan oleh tubuh.

• Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya vitamin K, kale juga mengandung cukup banyak vitamin A, yang mana dalam satu gelas kale mentah mengandung vitamin A sebanyak 6.500 IU. Selain itu, kementerian kesehatan juga menganjurkan untuk orang dewasa agar memenuhi kebutuhan vitamin A harian setidaknya 2.300 IU. Untuk vitamin A sendiri dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata, berperan dalam pembentukan sel serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam National Institute of Health, menyebutkan bahwa untuk mereka yang rutin konsumsi vitamin A dapat terhindari dari sejumlah risiko terkena penyakit mata.

Kiriman serupa