Khasiat Bahan - bahan Herbal Sebagai Pengobatan Gangguan Lambung

Umumnya gangguan lambung dapat memicu munculnya gejala tidak nyaman yang sangat mengganggu. Konsumsi berupa obat – obatan herbal termasuk salah satu pilihan yang dapat diambil dalam mengatasi gangguan lambung, seperti maag.

Untuk gangguan lambung sendiri dapat menyerang kapan dan di mana saja. Terlebih, ketika dipenuhi dengan padatnya aktivitas sehari – hari sehingga tidak menutup kemungkinan akan membuat jam makan menjadi berantakan. Contohnya, makan tidak tepat waktu, yang seharusnya makan di jam siang menjadi lebih banyak makan di sore hari.Terlalu banyak makan juga dapat mengakibatkan gangguan pada lambung.

Makanan berminyak, bersifat asam, berlemak serta pedas dapat memicu munculnya gangguan lambung berupa sakit maag. Tidak hanya itu, stres juga bisa menyebabkan gangguan pada lambung sehingga dapat membuat nyeri ulu hati, muntah, mual dan perut kembung.

Berikut beberapa bahan obat herbal yang dapat digunakan dalam mengatasi gangguan lambung, diantaranya

• Jahe Merah

Jahe merah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai obat herbal dalam mengatasi gangguan lambung karena kandungan anti-peradangan yang dimilikinya. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi gejala seperti muntah dan mual. Sifat gastroprotektif yang terdapat dalam jahe dapat berperan dalam menekan sejumlah bakteri Helicobacter Pylori penyebab meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh.

Biasanya bakteri Helicobacter Pylori dapat hidup di lingkungan yang asam. Saat jumlahnya semakin banyak dan tidak terkendali, maka dapat mengakibatkan gejala maag sehingga tidak menutup kemungkinan dapat memicu munculnya infeksi pada lapisan dinding lambung.

Untuk obat alami, seperti jahe merah bisa membantu dalam menurunkan perkembangan bakteri tersebut sehingga gejala yang terjadi terhadap penderita maag atau asam lambung dapat berkurang.

• Kunyit

Kunyit termasuk salah satu jenis obat herbal tradisional yang dipercaya dapat membantu dalam mengurangi gangguan lambung. Kandungan berupa polifenol senyawa antioksidan dengan sifat anti-peradangan yang terdapat pada kunyit sehingga bisa membantu meredakan asam lambung yang mengakibatkan heartburn pada sakit maag.

Selain itu, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa kunyit bisa membantu mencegah munculnya peradangan terhadap gangguan lambung, seperti GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease ). Dalam studi tersebut, berbagai gejala gangguan lambung dapat diatasi dengan obat – obatan yang mengandung anti-peradangan dan juga antioksidan yang mana kedua jenis sifat ini dapat anda jumpai pada kunyit.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *