Sumber Makanan Sehat Bagi Pengidap Penyakit Jantung

Untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung maka diharuskan lebih cermat dalam memilih sejumlah makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut karena plak pada pembuluh darah jantung umumnya terbentuk melalui kolesterol, mineral, lemak dan kalsium lainnya yang terkandung dalam makanan.

Penyakit jantung tersebut akan tetap ada seumur hidup. Walaupun tidak dapat disembuhkan, mereka bisa mengikuti panduan diet sehat ataupun pengobatan untuk mencegah komplikasi. Ketika diet jantung tidak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari maka pengobatan yang dijalani tidak akan efektif. Alhasil, gejala pun sering kambuh, bahkan tidak menutup kemungkinan akan berdampak terhadap munculnya komplikasi, seperti gagal jantung, henti jantung, maupun serangan jantung.

Tujuan dalam menjaga pola makan sehari – hari untuk mereka yang mengidap penyakit jantung terbagi menjadi tiga jenis, yakni

♦ Membantu menurunkan berat badan bagi pasien yang memiliki berat badan berlebihan
♦ Menghilangkan dan mencegah edema ( bengkak ) yang diakibatkan oleh penumpukan air garam dalam tubuh
♦ Memberi asupan makanan yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan tanpa mempengaruhi kinerja jantung

Hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan diet jantung yaitu pilihlah jenis makanan yang tepat, berikut beberapa makanan yang cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit jantung, diantaranya

• Edamame, Kacang Tanah dan Kedelai

Sejumlah makanan yang sehat bagi para pengidap penyakit jantung harus mengandung protein yang tinggi. Tidak hanya protein hewani yang diperoleh dari ikan, namun juga diperlukan untuk melengkapi protein nabati dari olahan produk kedelai, seperti tempe, biji kacang kedelai maupun tahu.

Dilansir melalui American Heart Association, mengungkapkan bahwa kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan berupa isoflavon, yakni antioksidan yang menyerupai hormon estrogen. Antioksidan tersebut nantinya dapat membantu dalam menurunkan risiko atas penyakit jantung terhadap wanita pascamenopause sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah pada jantung.

Isoflavone tidak hanya diperoleh dari kacang kedelai, namun, antioksidan tersebut juga bisa dijumpai pada kacang tanah ataupun edamame.

• Tuna dan Salmon

Tuna dan salmon termasuk salah satu makanan terbaik bagi pengidap penyakit jantung karena kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 merupakan sejenis asam lemak tak jenuh yang bisa membantu dalam mengurangi peradangan, termasuk juga pembuluh darah yang berada di sekitar jantung.

Kiriman serupa