Selain Dehidrasi, Ini Penyebab Mulut Kering Lainnya!

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami kondisi mulut kering. Terlebih, untuk mereka yang kurang minum sehingga memicu terjadinya dehidrasi. Umumnya mulut kering banyak dikenal sebagai xerostomia. Dilansir melalui medlinePlus, kondisi tersebut dapat terjadi saat kelenjar ludah tidak bisa memproduksi air liur yang cukup sehingga membuat mulut menjadi tidak basah.

Salah satu penyebab mulut kering yakni kondisi yang secara langsung mempengaruhi bagian kelenjar ludah dalam tubuh. Meskipun termasuk hal yang sangat umum terjadi, jika tidak segera ditangani maka lama kelamaan dapat berakibat terhadap munculnya sejumlah masalah kesehatan pada tubuh.

Berikut beberapa penyebab mulut kering lainnya yang umumnya terjadi, diantaranya

• Faktor Usia

Ketika bertambahnya usia, sering sekali anda menjumpai kondisi orang tua yang kebanyakan mengalami permasalahan mulut kering. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mulut kering bukanlah termasuk hal yang wajar dari penuaan.

Lalu, apa yang menjadi penyebab faktor usia dapat membuat mulut kering? Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan obat – obatan tertentu serta adanya perubahan kemampuan tubuh dalam memproses nutrisi maupun obat yang dikonsumsi. Oleh karena itu, tidak heran orang yang berusia lanjut sering mengalami kering di bagian mulut

• Konsumsi Obat-obatan

Untuk mereka yang sering mengalami kering di bagian mulut, maka cobalah lihat kembali jenis obat apa saja yang dikonsumsi. Hal ini karena, terdapat beberapa jenis obat, khususnya sejumlah obat-obatan bebas tanpa resep memiliki efek samping yang menyebabkan mulut menjadi kering.

Adapun beberapa jenis obat-obatan yang menjadi dalang penyebab mulut kering, seperti

> Antidepresan

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa inhibitor monoamine oksidase serta antidepresan trisiklik dapat menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang. Keduanya termasuk obat-obatan yang dibuat khusus untuk mengatasi penyakit parkinson

> Obat Diare

Walaupun dapat mengurangi kontraksi pada otot polos serta meredakan kejang, jenis obat diare tersebut juga mempunyai efek samping. Salah satunya yakni dapat membuat mulut menjadi kering. Oleh sebab itu, anda diperlukan untuk minum banyak air agar tetap terhidrasi serta terhindar dari mulut kering.

> Antibiotik

Antibiotik berfungsi untuk membantu dalam menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada tubuh. Akan tetapi, antibiotik tersebut juga dapat membuat mulut menjadi kering. Umumnya antibiotik ini bisa mengobati infeksi kulit, radang paru, serta sinus penyebab mulut kering.

Kiriman serupa