Buah - Buahan Penambah Darah Untuk Atasi Anemia

Sel darah merah yang terlalu sedikit pada tubuh dapat membuat pengantaran oksigen serta nutrisi ke seluruh sel tubuh menjadi terganggu. Hal tersebut nantinya akan membuat munculnya sejumlah gejala anemia, seperti sakit kepala, tangan dan kaki dingin, lelah, kulit pucat serta sesak napas. Oleh sebab itu, penuhilah asupan nutrisi yang diperlukan dalam membentuk sel darah merah. Tidak hanya melalui sayuran maupun daging, namun anda juga dapat memperolehnya melalui buah – buahan.

Anemia termasuk salah satu masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Biasanya masalah kesehatan tersebut terjadi dalam jangka waktu pendek serta tingkat ringan. Kebanyakan orang mungkin tidak sadar bahwa dirinya mengalami anemia. Hal tersebut karena gejala yang muncul sama sekali tidak terasa dan akan menyadari setelah melalui beberapa serangkaian tes pemeriksaan untuk anemia.


Anemia yang dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan munculnya sejumlah masalah serius, bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi komplikasi. Oleh sebab itu, mereka yang mengalami anemia diharuskan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi darah. Vitamin A, vitamin B12, zat besi, tembaga dan asam folat merupakan nutrisi yang diperlukan dalam mencegah anemia atau sebagai pengobatan kurang darah.

Berikut beberapa jenis buah yang dapat dijadikan sebagai penambah darah, diantaranya

• Anggur

Anggur kaya akan asam folat. Dalam satu gelas anggur mengandung sebanyak 21 mcg asam folat. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan vitamin A. Untuk vitamin A tersebut nantinya berguna dalam membentuk sel darah merah pada tubuh. Walaupun tidak begitu banyak, khasiatnya mungkin sangat berguna bagi pasien penderita anemia.


• Buah Sitrus

Buah situs memiliki beberapa jenis, seperti jeruk bali, lemon dan jeruk. Jeruk termasuk salah satu buah yang berfungsi sebagai penambah darah terbaik karena kaya akan kandungan asam folat. Untuk asam folat tersebut nantinya bisa membantu dalam memperoleh sel darah merah yang baru.

• Stroberi

Jenis buah yang satu ini dapat berfungsi sebagai penambah darah. Ini karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah stroberi sehingga dipercaya bisa membantu tubuh dalam memperoleh produksi sel darah merah. Tidak hanya itu, antioksidan tersebut juga berperan sebagai pelindung sel – sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kiriman serupa