Faktor dan Penyebab Meningkatkan Risiko Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan bentuk dari penyakit radang sendi ( arthritis ) yang dapat menyebabkan persendian menjadi bengkak, terasa nyeri serta kemerahan. Untuk gejalanya sendiri bisa muncul secara tiba – tiba dan biasanya sering terjadi di bagian sendi tangan maupun kaki.

Penyebab utama penyakit asam urat yakni tingginya kadar uric acid ( asam urat ) pada tubuh. Untuk mereka yang dikatakan memiliki kadar asam urat yang tinggi jika hasil dari tes asam urat mencapai 7,1 mg/dL pada pria dan 6,1 mg/dL pada wanita. Asam urat yang dikatakan normal ketika kadarnya tidak melebih ketentuan angka tersebut.

Sebenarnya, asam urat sendiri termasuk salah satu zat yang dapat terbentuk saat tubuh berhasil memecahkan purin. Purin adalah suatu senyawa alami yang terdapat pada tubuh serta dapat dijumpai dalam sejumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Berikut beberapa faktor risiko penyebab tingginya asam urat dalam tubuh, diantaranya

• Konsumsi Obat – obatan tertentu

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat menjadi penyebab seseorang terkena penyakit asam urat, yakni diuretik serta beberapa jenis obat – obatan lainnya yang umumnya digunakan sebagai pengobatan hipertensi, seperti aspirin dengan dosis rendah, beta blockers serta Ace Inhibitors.

Seseorang yang mengonsumsi obat – obatan diuretik dengan jangka waktu panjang maka berisiko membuat kadar uric acid menjadi tinggi pada tubuh. Pasalnya, jenis obat ini dapat membuat mereka menjadi lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan cairan pada tubuh berkurang.

Saat tubuh mengalami kekurangan cairan, maka bisa mempengaruhi proses dari pembuangan asam urat oleh ginjal. Inilah yang nantinya menjadi penyebab munculnya asam urat dikemudian hari.

• Jenis Kelamin Pria serta Bertambahnya Usia

Umumnya penyakit asam urat lebih banyak menyerang kaum pria ketimbang wanita. Hal tersebut karena. wanita mempunyai kadar asam urat lebih rendah ketimbang pria. Walaupun begitu, kadar asam urat terhadap wanita dengan pascamenopause lebih cepat meningkat hingga mendekati level pada pria. Inilah sebabnya mengapa asam urat lebih banyak menyerang pria dewasa dengan usia 25 – 45 tahun, sedangkan untuk wanita akan mengalami jenis penyakit ini ketika usia pascamenopause.

• Mengalami Cedera

Cedera yang terjadi pada bagian sendi bisa memicu peningkatan terhadap risiko seseorang mengalami penyakit asam urat. Akan tetapi, hal tersebut biasanya lebih banyak dikaitkan dengan penyebab munculnya serangan asam urat, terutama ketika kristal asam urat telah terbentuk pada persendian.

Kiriman serupa