Obat Untuk Sakit Kepala Sebelah

Untuk sakit kepala sebelah umumnya bisa berlangsung dalam hitungan hari, minggu ataupun bulan. Sakit kepala cluster, migrain ataupun bersifat kambuh saat terpacu termasuk salah satu jenis sakit kepala sebelah yang bisa terjadi terhadap siapa saja.

Terdapat begitu banyak penyebab munculnya sakit kepala sebelah. Akan tetapi, tidak semua jenis obat sakit kepala yang dijual di apotik bisa membantu dalam meredakan segala penyebab sakit kepala yang terjadi di satu sisi ini. Oleh sebab itu, pemilihan obat – obatan juga perlu disesuaikan dengan sakit kepala yang dialami.

Dilansir melalui Mayo Clinic, ada beberapa pilihan obat yang bisa membantu meredakan sakit kepala sebelah, diantaranya

• Sumatriptan

Sumatriptan merupakan jenis obat sakit kepala sebelah yang diakibatkan oleh migrain akut. Obat – obatan ini nantinya bisa membantu dalam menghilangkan rasa sakit kepala sebelah yang disebabkan oleh sakit kepala cluster ataupun migrain. Sebagai salah satu jenis pilihan obat migrain akut, tripan sendiri dipercaya dapat membantu dalam meredakan sejumlah gejala – gejala serangan ataupun auranya, seperti kepekaan terhadap suara maupun cahaya serta rasa.

Sumatriptan berfungsi sebagai perangsang serotonin yakni senyawa pada bagian otak yang bisa menghentikan rasa sakit dengan menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan.

• Octreotide

Octreotide termasuk senyawa sintetis yang terdapat pada somatostatin, yakni suatu zat yang umumnya bisa dijumpai di setiap tubuh manusia. Zat tersebut nantinya bisa menghalang efek dari hormon pertumbuhan pada tubuh.

Jenis obat ini dipercaya memiliki efek lebih lama ketimbang obat triptan yang bisa membantu dalam mengatasi sakit kepala sebelah. Selain itu, Octreotide juga lebih aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kondisi tertentu, seperti penyakit jantung ataupun hipertensi.

• Obat Pereda Nyeri

Umumnya sakit kepala sebelah masih termasuk ke dalam penyakit yang ringan serta tidak diakibatkan oleh sejumlah penyakit serius yang mana masih bisa diatasi dengan hanya meminum obat sakit kepala, seperti aspirin, ibuprofen dan paracetamol.

Dilansir melalui The Journal of Head and Face Pain, mengungkapkan bahwa paracetamol bekerja lebih ampuh dalam membantu mengatasi sakit kepala sebelah yang disebabkan oleh migrain ketika dikombinasikan dengan kafein maupun aspirin.

Jenis obat – obatan pereda nyeri nantinya bekerja dengan menghentikan rasa sakit kepala dengan menghambat aktivitas enzim pada tubuh yang bertugas sebagai penghasil hormon prostaglandin. Prostaglandin merupakan hormon yang biasanya mengirimkan sinyal sakit kepala ke bagian otak serta pemicu peradangan.

Kiriman serupa