Setiap orang memiliki masa kecil yang berbeda. Ada yang memiliki masa kecil yang indah dan menyenangkan. Yang semua sangat berwarna. Ada juga yang memiliki masa kecil yang suram. Yang bahkan untuk mengingatnya pun rasanya tidak ingin. Karena setiap orang memiliki cerita yang berbeda. Ada yang terlahir dari keluarga yang serba ada, ada yang terlahir dari keluarga yang serba kekurangan. Ada yang lahir dari keluarga yang bahagia dan harmonis. Ada yang terlahir dengan banyak sekali masalah.

Jangan Dengan Mudah Kita Menilai Seseorang Dari Penampilannya

Kita tidak pernah tahu apa yang mereka alami saat mereka kecil. Bisa menjadi sangat menyenangkan bisa juga sangat menyebalkan. Ada berbagai cerita disana. Jadi kita jangan dengan mudah menjudge dan mengambil kesimpulan akan seseorang jika kita saja tidak tahu cerita mereka. Kita tidak tahu bagaimana mereka, apa yang sudah mereka lewati. Bisa saja mereka telah melewati banyak hal sehingga mereka bisa menjadi seperti sekarang. Jadi jaga mulut dan tangan kita sebelum memberikan kesimpulan yang tidak-tidak.

Jadilah orang yang lebih cerdas, lebih berpikir panjang. Jangan karena sok tahu an kita, membuat seseorang menjadi sedih dan terpuruk. Pun jika kita penasaran, kenapa mereka bersikap seperti itu, kenapa mereka bisa menjadi seperti itu. Ya sebaiknya kalian cari tahu dulu, atau paling baik, menanyakan kepada orangnya langsung. Sehingga tidak ada perasaan penasaran, dan meraba-raba, kira-kira kenapa. Sehingga tidak akan ada asumsi yang tidak-tidak.

Setiap orang memiliki cerita berbeda-beda, memiliki pengalaman hidup yang berbeda-beda. Bisa jadi orang yang kita remehkan, memiliki sejuta pengalaman, yang tidak sebanding dengan kita. Yang pengalaman kita tidak ada apa-apanya. Jadi jangan membawa dirimu sebagai seseorang yang paling benar, dan sok tahu. Itu tidak membuat orang lain respect kepadamu. Tapi itu hanya akan membuat orang ilfeel padamu. Jadi apa adanya saja, tidak usah berlebihan. Tidak perlu melakukan suatu usaha yang berlebihan jika hanya ingin mendapatkan perhatian atau simpati dari orang lain.