Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi Yang Perlu Dihindari

Untuk mereka yang mengalami hipertensi ataupun tekanan darah tinggi, maka perlu melakukan sejumlah perubahan dari pola makan hingga gaya hidup dalam menjaga tekanan darah agar tetap normal. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa hal yang sangat penting untuk dihindari supaya tidak memperparah tekanan darah. Berikut merupakan sejumlah pantangan yang wajib dihindari ketika tekanan darah sedang tinggi,diantaranya

• Konsumsi Makanan Kaleng

Umumnya sejumlah makanan kalengan yang dihidangkan memang memiliki rasa yang lezat, mudah dan praktis untuk disajikan. Akan tetapi, untuk mereka yang mengalami hipertensi, makanan kaleng ada baiknya dimasukan ke dalam daftar pantangan darah tinggi. Hal ini karena, makanan kaleng mengandung sodium yang sangat tinggi. Misalnya dalam satu kaleng sup mengandung sekitar 900 mg sodium. Untuk itu, akan lebih aman saat anda memasak menggunakan bahan – bahan alami sehingga kadar garamnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

• Makanan Mengandung Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Untuk mereka yang menderita hipertensi ada baiknya mengurangi asupan berupa lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini karena dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan. Saat kadar kolesterol jahat terlalu tinggi maka tidak menutup kemungkinan hanya akan memperburuk sehingga berisiko terkenanya penyakit jantung koroner.

Tidak hanya itu, Jenis makanan tersebut juga mengandung terlalu banyak gula serta sedikit serat sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, segeralah untuk mengurangi makanan – makanan tersebut demi menjaga tekanan darah agar tetap sehat. Lemak – lemak tersebut dapat diganti dengan lemak nabati, seperti minyak zaitun, kacang – kacangan ataupun alpukat.

• Garam Berlebihan

Garam termasuk salah satu musuh terbesar bagi para penderita darah tinggi. Konsumsi garam berlebihan harus dijadikan sebagai pantangan untuk mereka yang menderita darah tinggi. Ini karena garam dapat membuat tubuh, terutama organ ginjal, menahan air yang cukup banyak dalam tubuh. Kondisi ini biasanya disebut dengan retensi cairan.

Cairan yang terlalu banyak menumpuk dalam tubuh dapat berisiko terhadap pembuluh arteri, otak, ginjal dan jantung menjadi terganggu. Kondisi inilah yang membuat naiknya tekanan darah. Untuk itu, segeralah menghindari penggunaan garam berlebihan dalam masakan.

Kiriman serupa