Gangguan Mata Akibat Komplikasi Diabetes

Untuk penyakit diabetes melitus, kadar gula darah yang dibiarkan tetap tinggi dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh yang lain, salah satunya yakni mata. Gangguan penglihatan yang disebabkan oleh diabetes ditandai dengan penglihatan kabur yang disertai dengan rasa sakit. Saat gejala mata kabur tersebut tidak segera diobati maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan komplikasi pada bagian mata bahkan bisa kehilangan penglihatan untuk selamanya.

Gangguan penglihatan termasuk gejala diabetes yang umumnya dialami oleh mereka yang menderita diabetes. Saat gejala tersebut mulai menyerang, segeralah periksakan diri ke dokter mata secara rutin. Pasalnya, kebanyakan penderita diabetes yang membiarkan kondisi tersebut hingga akhirnya menyebabkan munculnya komplikasi diabetes yang menyerang bagian mata.

Berikut merupakan sejumlah komplikasi pada mata, diantaranya

• Katarak

Katarak termasuk salah satu jenis penyakit mata yang disebabkan oleh komplikasi diabetes dengan gejala awalnya merasa pandangan mata buram. Umumnya penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi yakni sekitar 60% terserang katarak ketimbang mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

• Edema Makula Diabetik

Edema Makula Diabetik merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh retinopati diabetik. Dilansir melalui American Diabetes Association, menyebutkan bahwa komplikasi diabetes yang terjadi pada mata kebanyakan disebabkan oleh adanya penumpukan cairan di bagian makula. Makula termasuk salah satu bagian dari retina yang berada dibagian belakang mata. Hampir semua fungsi penglihatan terpusat pada makula. Ini karena sel penerima cahaya atau fotoreseptor semuanya ada disini.

• Glaukoma

Glaukoma merupakan komplikasi diabetes yang terjadi pada bagian mata yang cukup umum dijumpai. Untuk risikonya sendiri yakni berkisar 45 persen. Glaukoma termasuk salah satu jenis penyakit mata yang diakibatkan oleh banyaknya cairan pada bagian bola mata. Hal ini dapat terjadi karena cairan pada bola mata tidak dapat mengalir dengan semestinya.

Untuk penumpukan cairan tersebutlah yang nantinya dapat mengganggu sistem kerja indra penglihatan dengan mengakibatkan tekanan berlebih di bagian saraf – saraf mata serta pembuluh darah. hal inilah yang dapat membuat saraf menjadi rusak. Saat saraf mata rusak, sinyal yang bertugas dalam menyampaikan sejumlah hal ke bagian otak menjadi terganggu. Mata buram adalah gangguan awal pada mata yang disebabkan oleh diabetes. Akan tetapi jika diabaikan, maka tidak menutup kemungkinan dapat membuat penglihatan menjadi hilang.

Kiriman serupa