Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat dapat muncul terhadap siapa saja. Jenis penyakit ini umumnya dapat terjadi karena adanya penyumbatan pori – pori oleh bakteri, minyak berlebihan ataupun sel kulit mati. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang mempercayai bahwa makanan juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Sebenarnya hubungan antara jerawat dengan makanan sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Berbagai penelitian pun mengungkapkan bahwa terdapat beberapa makanan yang bisa mempengaruhi hormon serta membuat produksi sebum ( minyak ) menjadi meningkat.

Kondisi ini lebih sering terjadi terhadap remaja ketika memasuki masa pubertas. Saat pubertas, tubuh akan memperoleh lebih banyak hormon yang lebih dikenal sebagai IGF-1 ( Insulin-like Growth Factor 1 ). Sejumlah studi juga mengungkapkan bahwa IGF-1 bisa memicu peningkatan terhadap produksi minyak serta memperburuk kondisi jerawat.

Selain itu, makanan tertentu juga bisa meningkatkan kadar IGF-1. Untuk itu, kebanyakan orang mempercayai bahwa makanan dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Adapun beberapa jenis makanan berikut yang perlu dihindari, antara lain

• Cokelat

Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar bahwa cokelat juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Faktanya, terdapat sejumlah penelitian yang membahas mengenai masalah ini, namun masih belum ada hasil yang akurat.

Dilansir melalui Cytokine mengungkapkan bahwa cokelat dapat membuat kondisi kulit yang berjerawat semakin parah. Hal tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan terhadap pelepasan protein berupa IL-10 serta interleukin-1B. Pelepasan protein inilah yang bisa membuat bakteri penyebab jerawat menjadi menginfeksi bagian kulit.

• Produk Susu

Susu maupun sejumlah produk olahan susu termasuk jenis makanan yang sudah dikenal sejak lama sebagai pemicu munculnya jerawat.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi sejumlah produk olahan susu lebih cenderung mengalami jerawat. Walaupun demikian, konsumsi berupa olahan susu biasanya akan lebih sering menjadi penyebab utama dari masalah ini ketimbang susu murni.

Olahan susu berisiko lebih tinggi sebagai pemicu peningkatan terhadap IGF-1 serta hormon insulin sebagai penyebab dari munculnya jerawat. Pasalnya, konsumsi berupa olahan susu, seperti susu rendah lemak, es krim dan yogurt umumnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Kiriman serupa