Makanan Tinggi Protein

Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pertumbuhan fungsi serta mengandung berbagai manfaat, salah satunya yakni bisa membantu dalam menurunkan berat badan, terutama lemak di bagian perut. Jika dilihat dari tabel AKG ( Angka Kecukupan Gizi ) menyatakan bahwa standar protein yang dianjurkan untuk setiap orang dengan usia 16 – 59 tahun yakni sekitar 55 – 58 gram per hari bagi perempuan, sementara  61 – 65 gram per hari bagi pria.

Berikut beberapa makanan yang kaya akan protein, diantaranya

• Kacang Almond

Almond termasuk jenis kacang – kacangan yang sangat populer karena kandungan nutrisi penting di dalamnya, seperti mangan, vitamin E, serat dan magnesium.Untuk kadar protein yang terdapat dalam kacang almond sebesar enam gram di setiap onsnya.

• Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan yang sehat karena kaya akan magnesium, vitamin B1, serat sehat, mangan serta berbagai jenis nutrisi lainnya. Untuk kadar protein dalam gandum mentah yakni sekitar 14 gram serta 300 kalori.

• Yogurt

Yogurt adalah makanan yang memiliki rasa yang lezat dengan tekstur lembut serta kaya akan nutrisi. Dalam 160 gram yogurt memiliki kandungan protein sebesar 17 gram serta 90 kalori.

• Telur

Telur merupakan makanan sehat serta kaya akan gizi. Hal tersebut karena ia mengandung mineral, antioksidan, vitamin dan lemak sehat yang dapat berfungsi sebagai pelindung mata serta nutrisi bagi otak. Konsumsilah bagian putih telur untuk memperoleh protein yang tinggi tanpa lemak. Dalam satu butir telur memiliki kandungan protein sebanyak 5 gram serta 76 kalori.

• Keju Cottage

Keju cottage termasuk salah satu jenis keju yang umumnya mengandung rendah kalori serta lemak. Untuk jenis keju ini mengandung fosfor, vitamin B12, kalsium, selenium, vitamin B2 serta sejumlah nutrisi penting lainnya. Dalam satu cangkir keju cottage dengan 1% lemak memiliki kandungan protein sebesar 26 gram dan 190 kalori.

• Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung rendah kalori serta lemak sehingga kandungan yang terdapat didalamnya sebagian besar merupakan protein dengan kadar yang cukup tinggi. Seperti jenis ikan pada umumnya, tuna mengandung nutrisi yang tinggi akan lemak omega-3. Dalam 1 ons ikan tuna memiliki kandungan protein sebesar 25 gram serta 150 kalori.

• Daging Sapi

Daging sapi dengan rendah lemak mempunyai protein yang cukup tinggi, terlebih dari segi cita rasanya yang juga sangat lezat. Dalam 80 ons daging sapi yang diolah dengan lemak 9% memiliki kandungan protein sebesar 22 gram serta 180 kalori.

Kiriman serupa