Hal Yang Dapat Memicu Kambuhnya Maag

Untuk maag tidak hanya memicu munculnya rasa tidak nyaman di bagian perut, namun juga mengakibatkan sakit tenggorokan, nyeri di bagian dada serta bau mulut. Walaupun seseorang tidak bisa menyembuhkan maag yang diderita, mereka bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk menghindarinya.

Adapun beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya maag, antara lain

• Olahraga

Untuk beberapa orang, olahraga yang dilakukan dengan cara yang salah bisa mengocok perut sehingga membuat isi perut menjadi naik ke bagian sistem pencernaannya.

• Kebiasaan Makan

Terdapat kebiasaan mengenai makan yang bisa memicu munculnya gejala maag, seperti
> Berbaring di bagian sisi kanan yang mana hal tersebut akan membuat posisi perut lebih tinggi dari kerongkongan serta berisiko terhadap kembalinya asam ke kerongkongan.
> Berbaring dalam waktu yang cukup lama setelah makan
> Makan Larut Malam

• Makan Dengan Porsi Yang Besar

Sebah serta maag umumnya akan muncul setelah seseorang makan dengan porsi yang besar. Hal tersebut bisa terjadi saat mereka makan makanan apa pun dalam porsi jumlah yang cukup banyak. Untuk menurunkan risiko ini, mereka diharuskan untuk memperhatikan kembali porsi makanannya.

• Menu Makanan

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu iritasi pada bagian kerongkongan. Tomat, makanan pedas, peppermint, alkohol, buah jeruk asam, bawang putih, bawang bombay, makanan tinggi lemak ( seperti kacang – kacangan, steak rib-eye, alpukat dan juga keju ), kafein serta minuman berkarbonasi merupakan makanan dan minuman yang dapat memicu munculnya gejala maag.

• Obat

NSAID ( Non-steroid anti-inflammatory ) bisa membuat esophagus sphincter mengendur sehingga mengakibatkan munculnya gejala maag. Ketika menggunakan obat – obatan tekanan darah tinggi maka akan berisiko lebih tinggi mengalami gejala maag dikemudian hari.

• Merokok

Merokok bisa membuat esophagus sphincter mengalami pengenduran, belum lagi sejumlah risiko efek buruk lainnya terhadap kesehatan.

Cara yang bisa lakukan untuk mengetahui pemicu maag yakni dengan melacak gejalanya. Mereka bisa membuat catatan mengenai apa saja yang dianggap sebagai pemicunya. Untuk pemicu maag sendiri akan berbeda – beda disetiap orang. Dengan mengetahui apa saja pemicu maag yang dialami maka mereka sudah bisa mengatasi gejala maagnya secara efektif serta membuat suatu perencanaan mengenai menu makanan dan olahraga yang cocok.

Kiriman serupa