Manfaat Susu Kefir

Susu kefir merupakan salah satu minuman kental yang diproses melalui cara fermentasi susu dengan biji kefirnya, umumnya terbuat dari susu kambing ataupun sapi. Sementara, untuk biji kefirnya diperoleh dari bakteri ragi, asam laktat serta zat polisakarida. Jika dilihat dari bentuknya, susu kefir tersebut mirip seperti yoghurt yang memiliki tekstur kental serta rasanya yang asam.

Jenis minuman ini mengandung cukup banyak bakteri Bifidobacterium bifidum serta Lactobacillus acidophilus. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti magnesium, asam folat, fosfor, vitamin K dan vitamin B.

Berikut merupakan khasiat dari susu kefir bagi kesehatan tubuh, diantaranya

• Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas College Cork, di Irlandia, mengungkapkan bahwa ketika seseorang merasakan adanya kondisi tubuh yang kurang sehat, mereka hanya diperlukan untuk meminum susu kefir saja, tidak perlu minum obat – obatan antibiotik. Hal tersebut karena, minuman atau makanan prebiotik akan bekerja lebih baik ketimbang obat – obatan antibiotik. Untuk prebiotik tersebut nantinya berfungsi sebagai penghambat bakteri yang akan menginfeksi tubuh serta mencegah gejalanya.

• Mencegah Kanker

Minuman susu kefir termasuk salah satu jenis minuman berfermentasi yang sangat baik untuk dijadikan sebagai asupan kesehatan setiap harinya. Terlebih hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa minuman berfermentasi telah terbukti bisa membantu dalam membasmi berbagai jenis tumor serta kanker yang diuji terhadap tikus.

• Menambah Kekuatan Pada Tulang

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 dalam Jurnal Osteoporosis International mengungkapkan bahwa minum susu kefir setiap harinya bisa membantu dalam menurunkan risiko osteoporosis serta meningkatkatkan kekuatan pada tulang. Tidak hanya itu, sejumlah penelitian juga menjumpai adanya kandungan biji kefir yang dapat berfungsi dalam meningkatkan penyerapan terhadap mineral tulang, magnesium, kalsium serta berbagai jenis zat penting lainnya.

• Mencegah Asma dan Alergi

Dilansir melalui Journal of Immunology di Amerika, mengungkapkan bahwa minuman kefir telah terbukti mempunyai efek baik ketika diminum oleh mereka yang menderita asma dan juga alergi. Didalam penelitian tersebut, secara keseluruhan kefir bisa menekan penyebab munculnya inflamasi, seperti sel imunoglobulin Ige, interleukin-4 dan T-helper.

Kiriman serupa